Pengertian Multimedia Interaktif
Secara
etimologis multimedia berasal dari kata multi
(Bahasa Latin, nouns) yang berarti banyak, bermacam-macam, dan medium (Bahasa Latin) yang berarti
sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Kata medium dalam American Heritage
Electronic Dictionary (1991) juga diartikan sebagai alat untuk
mendistribusikan dan mempresentasikan informasi (Rachmat dan Alphone,
2005/2006).
Beberapa
definisi multimedia menurut beberapa ahli diantaranya:
- Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002)
- Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
- Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter (2001) adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
- Multimedia sebagai perpaduan antara teks, grafik, sound, animasi, dan video untuk menyampaikan pesan kepada publik (Wahono, 2007)
- Multimedia merupakan kombinasi dari data text, audio, gambar, animasi, video, dan interaksi (Zeembry, 2008)
- Multimedia (sebagai kata sifat) adalah media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data multimedia (Zeembry, 2008)
Berdasarkan
pendapat-pendapat tersebut maka dapat disimpulkan bahwa multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media
(format file) yang berupa teks, gambar (vektor atau bitmap), grafik, sound,
animasi, video, interaksi, dll.yang telah dikemas menjadi file digital
(komputerisasi), digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik.
Pemanfaatan
multimedia sangatlah banyak diantaranya untuk: media pembelajaran, game, film,
medis, militer, bisnis, desain, arsitektur, olahraga, hobi, iklan/promosi, dll.
(Wahono, 2007).Bila pengguna mendapatkan keleluasaan dalam mengontrol
multimedia tersebut, maka hal ini disebut multimedia interaktif.
Thorn (2006)
mengajukan enam kriteria untuk menilai multimedia interaktif, yaitu :
(1) Kriteria
pertama adalah kemudahan navigasi,
(2) Kriteria
kedua adalah kandungan kognisi.
(3) Kriteria
ketiga adalah presentasi informasi,
(4) Kriteria
keempat adalah integrasi media,
(5) Kriteria
kelima adalah artistik dan estetika dan
(6) Kriteria
penilaian yang terakhir adalah fungsi secara keseluruhan.
Multimedia
interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari: a)
teks; b) grafik; c) audio; dan d) interaktivitas (Green & Brown, 2002:
2-6).
a. Teks
Teks adalah
simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan. Teks
memiliki berbagai macam jenis bentuk atau tipe (sebagai contoh: Time New Roman,
Arial, Comic San MS), ukuran dan wana. Satuan dari ukuran suatu teks terdiri
dari length dan size.Length biasanya menyatakan banyaknya
teks dalam sebuah kata atau halaman.Size menyatakan ukuran besar atau
kecil suatu huruf.Standar teks memiliki size 10 atau 12 poin.Semakin besar size
suatu huruf maka semakin tampak besar ukuran huruf tersebut.
b. Grafik
Grafik
adalah suatu medium berbasis visual.Seluruh gambar dua dimensi adalah grafik.
Apabila gambar di render dalam bentuk tiga dimensi (3D), maka tetap
disajikan melalui medium dua dimensi. Hal ini termasuk gambar yang disajikan
lewat kertas, televisi ataupun layar monitor. Grafik bisa saja menyajikan
kenyataan (reality) atau hanya berbentuk iconic.Contoh grafik yang
menyajikan kenyataan adalah foto dan contoh grafik yang berbentuk iconic adalah
kartun seperti gambar yang biasa dipasang dipintu toilet untuk membedakan
toilet laki-laki dan perempuan.
Grafik
terdiri dari gambar diam dan gambar bergerak.Contoh dari gambar diam yaitu
foto, gambar digital, lukisan, dan poster.Gambar diam biasa diukur berdasarkan size
(sering disebut juga canvas size) dan resolusi.Contoh dari gambar
bergerak adalah animasi, video dan film.Selain bisa diukur dengan menggunakan size
dan resolusi, gambar bergerak juga memiliki durasi.
c. Audio
Audio atau
medium berbasis suara adalah segala sesuatu yang bisa didengar dengan
menggunakan indera pendengaran. Contoh: narasi, lagu, sound effect,
back sound.
d. Interaktivitas
Interaktivitas
bukanlah medium, interaktivitas adalah rancangan dibalik suatu program
multimedia. Interaktivitas mengijinkan seseorang untuk mengakses berbagai macam
bentuk media atau jalur didalam suatu program multimedia sehingga program
tersebut dapat lebih berarti dan lebih memberikan kepuasan bagi pengguna.
Interaktivitas dapat disebut juga sebagai interface design atau human
factor design.
Interaktivitas
dapat dibagi menjadi dua macam struktur, yakni struktur linear dan struktur non
linear. Struktur linear menyediakan satu pilihan situasi saja kepada
pengguna sedangkan struktur nonlinear terdiri dari berbagai macam pilihan
kepada pengguna.
Green &
Brown (2002: 3) menjelaskan, terdapat beberapa metode yang digunakan dalam
menyajikan multimedia, yaitu:
1.
Berbasis kertas (Paper-based), contoh: buku,
majalah, brosur.
2.
Berbasis cahaya (Light-based), contoh: slide
shows, transparasi.
3.
Berbasis suara (Audio-based), contoh: CD
Players, tape recorder, radio.
4.
Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based),
contoh: televisi, VCR (Video cassette recorder), film
5.
Berbasiskan digital (Digitally-based), contoh:
komputer
Multimedia
interaktif juga dapat diartian sebagai suatu multimedia yang dilengkapi dengan
alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat
memilih apa yang dikehendaki untuk proses-proses selanjutnya. Pengguna akan
mendapatkan informasi atau umpan balik sesuai dengan aksi atau navigasi yang
dipilih, informasi tersebut menggunakan berbagai bentuk format data seperti
teks, gambar, audio, video, simulasi dan lain-lain. Indikator kelayakan bahan
ajar multimedia interaktif dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu aspek aspek
materi, aspek pembelajaran, aspek Media.. Aspek media meliputi aspek interface,
aspek navigasi, aspek daya tahan.
A. Aspek interface meliputi:
1) Tampilan
produk,
2) Penyajian
3) Teks
4) Video
5) Audio
6) Animasi
7) Kemudahan
dipahami dan Fungsi sebagai media pembelajaran.
B. Aspek navigasi meliputi :
1) Navigasi
aids (alat bantu / link).
2)
Konsistensi navigasi.
3)
Konsistensi tombol.
4) Index.
5)
Previous.
6)
Next..
7) Exit.
dan
8) User
Control.
C. Aspek daya tahan meliputi :
1) Kemudahan
mengakses.
2) Daya
tahan untuk aktifitas formal.
3) Daya
tahan untuk aktifitas mandiri.
4) Daya
tahan dipakai pada computer lain.
0 komentar:
Posting Komentar